Materi Kalimat SPOK dalam Bahasa Lampung Kelas 4A dan 4D SD Al Azhar 2.

 Kalimat SPOK

 dalam Bahasa Lampung 

  Kelas 4A dan 4D  SD AL-Azhar 2 Bandar Lampung





Nama                         : Lisnawati Wahyu Ningsih S.Pd

Hari/ Tanggal          :Senin , 31  Juli   2023

Satuan Pendidikan :  SD AL-azhar 2 Bandar Lampung
KD  (  4.3.1   )   :   memahami Bentuk Pola kalimat SPOK.


    Assalamualaikum wr wb. Helloy students, how are you today? I hope you are always healthy. Before we start the lesson, dont forget to pray 5 times a day, pray dhuha, listen to tausiyah, and do murojaah!

Apersepsi :

    Anak -anak Sholeh dan sholehah ,ALhamdulilah ananda sholeh-dan sholehah  kita bertemu lagi dalam pembeljaran bahasa lampung hari ini ya anak ,dan pada minggu pertama bulan April ini  kita akan  memepelajari materi baru ya nak, yaitu Kalimat SPOK dalam bahasa Lampung  ,silahkan anak anak liat  materi  dan video Pembelajaran yang ibu beri di blogger ini ya nak , lalu kerjakan soal di  bawah ini  dengaan pelan -pelan ya nak.

Pola Kalimat SPOK Dalam Bahasa Lampung

Bahasa Lampung

Kali ini Ibu akan membahasa seputar Pola Kalimat SPOK Dalam Bahasa Lampung. Seperti yang kita ketahui, pola kalimat biasanya kita hafal dengan menggunakan singkatan SPOK atau Subjek, Predikat, Objek, Keterangan. Nah kali ini kita akan membahasa pola kalimat tersebut dan menerapkannya secara langsung dalam Bahasa Lampung. Mari kita mulai.

1.Pola Kalimat Subjek Dalam Bahasa Lampung

Dalam sebuah Pola Kalimat, Subjek ialah Yang melakukan suatu pekerjaan, subjek juga merupakan pokok suatu kalimat. Subjek biasanya merupakan kata benda dan letak Subjek biasanya sebelum Predikat.

 contoh:

Nama orang : Anton, Tono, Mira, dll Nama benda-benda : mija, ghanguk, mahhan, lamban, iwa, ulai, deghian, cabik, dll.

Nama panggilan: Ubak, apak, emak, induk, kemaman, keminan, kelepah, tamong, dll

2. Pola Kalimat Predikat Dalam Bahasa Lampung

Predikat ialah pekerjaan yang dilakukan. Predikat biasanya merupakan kata kerja. Letak Predikat biasanya setelah Subjek atau sebelum Objek atau sebelum Keterangan. Berikut ini contoh predikat dalam bahasa lampung.

contoh predikat dalam bahasa lampung:mengan, cakak, nari, nulis, belajagh, miwang, lalang, cekelang, ngebaca, macul, dll.

3.Pola Kalimat Objek Dalam Bahasa Lampung

Pola Kalimat Objek ialah: yang dikenai pekerjaan dan biasanya merupakan kata benda, letak Objek sendiri biasanya setelah Predikat. Contoh kalimat objek dalam bahasa lampung sama dengan subjekDalam Bahasa Lampung

4. Keterangan ialah yang menerangkan pekerjaan. Keterangan biasanya berupa kata benda yang di depan kata benda tersebut menggunakan kata depan (misal : mit, haguk, guk, di) dan kata sifat. Letak Keterangan biasanya setelah Predikat atau setelah Objek atau sebelum Subjek.

Berikut ini adalah contoh Keterangan dalam Bahasa Lampung

A.Keterangan tempat Keterangan tempat biasanya diikuti kata depan; di, mit, guk, haguk. contoh di pasagh, mit duma, guk haguk sekulaan.

B. Keterangan waktu Keterangan waktu adalah tentang waktu. 

Contoh: bijo (kemarin),ganta(sekarang), keghua(dua hari'.

 Berikut contoh Kalimat SPOK dalam Bahasa Lampung.




 NOTE: 

Kesimpulan Materi hari ini : Peserta didik Sudah mampu memahami Pengertian dari SPOK dan mengetahui Kosa Kata beserta kalimat SPOK dalam Bahasa Lampung dengan Baik dan benar.







    Jika ada pertanyaan boleh tanyakan di Kolom komentar pada halaman blogger Bu Lisna di bawah ini ya.Demikian pembelajaran hari ini semoga kita semua dalam keadaan sehat, dan disegerakan untuk bertemu di sekolah kita tercinta. tetep semangat ya nak belajar di rumah.


Wasalamualaikum Wr.Wb



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisi kisi PAS Genap Bahasa Lampung Kelas 4 SD Al Azhar 2

PEMANTAPAN MATERI DAN KISI-KISI PAS GANJIL KELAS 4 SD AL AZHAR 2

Kisi Kisi US KELAS 6 SD AL AZHAR 2